poster

Tempat Wisata di Lombok

Pulau Lombok terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona dan menjadi salah satu icon wisata Indonesia. Dengan pantai-pantainya yang indah, keelokan Gunung Rinjani, keramahan masyarakat suku sasak dan keindahan alam yang masih alami membuat Lombok menjadi tujuan traveling yang tidak bisa dilewatkan. Pulau Lombok terletak di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan berbatasan langsung dengan Pulau Bali.

Keindahan alam dan Tempat Wisata di Lombok yang tersebar hampir di seluruh wilayah Lombok memberikan banyak pilihan buat para wisatawan untuk menentukan pilihan obyek wisata mana yang akan dikunjungi. Wisata pantai, air terjun bahkan pendakian ke Gunung Rinjani bisa menjadi pilihan. Pulau Lombok sering dijadikan alternatif kunjungan wisatawan setelah berlibur di Pulau Bali.
Tempat wisata di Lombok

Bandara International Lombok (BIL) di Praya merupakan pintu gerbang utama untuk menikmati keelokan alam di Lombok. Bandara International Lombok (BIL) berjarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan menuju pusat wisata Senggigi, dan berjarak tempuh sekitar 45 menit perjalanan menuju Pantai Kuta Lombok. Selain melalui jalur udara, akses menuju Pulau Lombok juga bisa melalui jalur laut dengan cara menyebrang laut menuju Pulau Lombok, salah rute penyebrangan menuju Pulau Lombok melalui Pelabuhan Padang Bai di Bali menuju Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok.

Berikut beberapa Obyek Wisata di Lombok yang paling sering di kunjungi, yaitu :

Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari rangkaian pulau 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno) yang terletak di bagian barat Pulau Lombok. Gili Trawangan terkenal dengan kejernihan air laut dan keindahan bawah lautnya. Kelestarian alam di Gili Trawangan sangat terjaga hingga sekarang, kendaraan bermotor dilarang digunakan di pulau ini, sebagai alternatif transportasi keliling pulau menggunakan sepeda pancal. Anda bisa menikmati keliling pulau ini dengan berjalan kaki atau mengayuh sepeda yang banyak disewakan disana.
Gili Trawangan

Bukan hanya Bali, Pulau Lombok juga memiliki pantai yang bernama Pantai Kuta. Pantai Kuta Lombok terletak di selatan Pulau Lombok dan memiliki panorama yang sangat indah dengan dikelilingi perbukitan, ciri khas dari Pantai Kuta Lombok yaitu pasir pantainya yang besar menyerupai butiran merica dan air lautnya berwarna gradasi hijau kebiruan dengan air yang sangat jernih. Pantai ini masih sangat sepi pengunjung meskipun mempunyai keindahan alam yang luar biasa indah.
Pantai Kuta Lombok


3. Tanjung Aan

Tanjung Aan berlokasi tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok, pasir pantai di Tanjung Aan sangat lembut dan berwana putih bersih, yang menjadi daya tarik dari Tanjung Aan adalah adanya bukit disekitar pantai yang bisa dinaiki dan pengunjung bisa menikmati pemandangan alam disekitar pantai dari atas bukit tersebut. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan perairan disekitar tempat wisata ini, Anda bisa menyewa perahu dan Anda akan diajak berkeliling menikmati Tanjung Aan dari atas perahu dan menyaksikan keindahan perbukitan yang mengelilingi lokasi wisata ini.
Tanjung Aan


4. Pantai Seger

Pantai Seger terletak diantara Pantai Kuta dan Tanjung Aan, di wilayah ini memang terdapat deretan pantai-pantai cantik yang sayang untuk dilewatkan. Pantai Seger di Lombok merupakan pantai yang masih sangat alami dan unik karena selain berpasir putih dan memiliki panorama perbukitan khas pantai Lombok Tengah bagian selatan, pantai ini juga menampilkan panorama batu karang yang menyembul dari tengah laut yang kerap kali disebut dengan Batu Tekong (Batu Jamur) yang dapat dicapai oleh pengunjung saat air laut surut.
Pantai Seger

5.  Taman Narmada

Taman Narmada merupakan salah satu tujuan wisata di Pulau Lombok yang mempunyai keindahan pemandangan taman dan kolam pemandiannya. Seperti namanya, taman ini berada di desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Tengah, atau berjarak sekitar 10 km dari Kota Mataram. Keunikan Taman Narmada adalah air kolamnya yang banyak dipercaya membuat awet muda, tak heran jika kolam ini selalu dipenuhi para wisatawan maupun warga setempat untuk mandi atau hanya membasuh badan saja. Karena kandungan mineralnya yang cukup tinggi, Anda akan merasakan kesegaran setelah bermain di pemandian ini.
Taman dan pemandian Narmada


6. Pantai Selong Belanak


Pantai Selong Belanak memiliki pemandangan yang sangat indah dan masih alami untuk dinikmati, pantai ini terletak di daerah selatan Kabupaten Lombok Tengah. Untuk menuju ke pantai ini, para wisatawan akan melewati perjalanan naik turun perbukitan dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Pantai Selong Belanak memiliki hamparan air laut yang sangat jernih dengan gradasi warna hijau kebiruan dan hamparan pasir putihnya yang sangat lembut terbentang luas di sepanjang pesisir pantai.
Pantai Selong Belanak


7. Pantai Mawun

Pantai Mawun terletak di sebelah selatan Lombok dan tidak terlalu jauh dari lokasi Pantai Selong Belanak, dengan berjarak tempuh sekitar 60 km dari Kota Mataram dan dibutuhkan perjuangan ekstra untuk sampai di lokasi pantai ini dengan naik turun perbukitan. Pantai Mawun memiliki pesona yang cukup indah untuk dikunjungi, pantai ini merupakan bagian dari teluk dan garis pantainya berbentuk seperti tapal kuda, dengan dua bukit disebelah barat dan timur yang mengapitnya.
Pantai Mawun

8. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Pulau Lombok, keindahan pantainya membuat pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pemandangan garis pantainya yang panjang terlihat indah bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat. Di sekitar Pantai Senggigi terdapat banyak resort, hotel, restaurant, toko souvenir dan jasa travel yang menawarkan akomodasi wisata Lombok. Lengkapnya akomodasi dan fasilitas di Senggigi membuat banyak wisatawan yang memutuskan untuk memilih hotel atau penginapan di kawasan ini jika berkunjung ke Lombok.
Pantai Senggigi

9. Bukit Malimbu

Bukit Malimbu merupakan salah satu wisata kebanggaan Kabupaten Lombok Barat. Dari Bukit Malimbu kita bisa melihat Gunung Agung di Bali jika kondisi cuaca cerah, dan Pulau 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air) juga bisa kita lihat langsung dari kejauhan. Bukit Malimbu berlokasi tidak jauh dari Pantai Senggigi, berjarak sekitar 7 km. Lokasi Bukit Malimbu yang berada di tepi jalan bisa kita jumpai saat perjalanan dari Senggigi menuju Gili Trawangan, jika kita menuju Gili Trawangan melalui penyebrangan di Pelabuhan Bangsal.
Bukit Malimbu


10. Air Terjun Benang Kelambu


Selain memiliki pantai-pantai yang sangat indah, Pulau Lombok juga mempunyai beberapa air terjun yang sangat mempesona, salah satunya adalah Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun ini terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Kliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Dari Kota Mataram berjarak sekitar 32 km atau bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Air Terjun Benang Kelambu mempunyai keunikan air yang keluar menyerupai tirai yang dalam bahasa setempat di sebut kelambu. Tumpahan air tersebut seakan membentuk tirai raksasa berwarna kehijaun dari tumbuhan dan berhias warna putih dari aliran airnya.
Air Terjun Benang Kelambu

Dan masih banyak lagi tempat wisata di Lombok yang bisa Anda kunjungi, selamat berkunjung dan berlibur di Lombok.










1 Komentar Untuk "Tempat Wisata di Lombok"

  1. Artikelnya bagus banget, OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah Liburan ke Karimunjawa cuma 175rb Hubungi 082 234 463 000 One Day Tour Karimunjawa 175rb dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

    ReplyDelete

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar, silahkan tinggalkan komentar Anda disini