poster

Pulau Gleyang di Karimun Jawa

Pulau Gleyang terletak di kepulauan Karimun Jawa, dan bukan rahasia lagi kalau Karimun Jawa adalah surga wisata laut di pulau Jawa. Kehidupan bawah laut dengan biotanya yang luar biasa, pantai-pantai berpasir putih nan indah, pulau-pulau kecil yang mempesona termasuk pulau Gleyang ini, serta masyarakat yang ramah menjadi daya pikat taman laut nasional ini. Kepulauan yang termasuk dalam kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini dikembangkan menjadi pesona wisata taman laut yang banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika kita mengunjungi kepulauan Karimun Jawa, salah satu Tempat Wisata di Karimun Jawa yang wajib di kunjungi adalah pulau Gleyang.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi Pulau Gleyang di Karimun Jawa
Pulau Gleyang di Karimun Jawa


Letak, akses jalan dan rute menuju Pulau Gleyang di Karimun Jawa

Lokasi pulau Gleyang berada di sebelah barat pulau Karimun Jawa. Bagaimana rute menuju pulau Gleyang di Karimun Jawa dari Surabaya ?, karena saya tinggal di Surabaya, rute yang mau saya share adalah rute dari Surabaya menuju pulau Gleyang di Karimun Jawa. Untuk ke Karimun Jawa, kita harus menuju kota Jepara dulu dan lanjut menyebrang ke Karimun Jawa melalui pelabuhan di Jepara.

Perjalanan ini di mulai dari terminal Bungurasih Surabaya, bis dari Surabaya ke Jepara berangkat paling malam sekitar jam 21.30, tapi saat itu saya harus berangkat jam 23.00 karena harus menunggu salah satu teman yang baru pulang kerja jam 23.00, karena tidak mendapat bis Surabaya yang langsung ke Jepara, akhirnya menggunakan bis Surabaya - Semarang, selanjutnya bis oper bis mini di Matahari - Kudus atau di Trengguli untuk bisa sampai ke terminal Jepara (jadi kalau tidak mau oper-oper bis untuk menuju Jepara, harus standby di terminal Bungurasih Surabaya paling lambat jam 19.30 supaya mendapat bis yang langsung Surabaya - Jepara)
Air laut yang jernih di Pulau Gleyang - Karimun Jawa

Bis Surabaya - Semarang yang saya tumpangi berangkat sebelum jam 12 malam dari terminal Bungurasih Surabaya, harga tiketnya sekitar Rp. 75.000 (lupa angka pastinya tapi sekitar segitu) dan mendapat satu kali makan malam di daerah Tuban, selama perjalanan saya berharap bis ini bisa sampai Kudus sebelum jam 7 pagi, karena harus oper bis lagi di Matahari - Kudus atau di Trengguli untuk bisa sampai ke Terminal Jepara, dan kapal yang menyebrang dari Jepara ke Karimun Jawa berangkat jam 09.00 atau bisa lebih awal jika penumpang sudah penuh. Jam 08.10 pagi akhirnya sampai juga di terminal Jepara, perjalanan di lanjutkan dengan menggunakan becak dari terminal Jepara ke pelabuhan Jepara sekitar Rp. 15.000 perbecak dengan jarak tempuh sekitar 10 menit. Kapal Fery yang menyebrang ke Karimun Jawa berangkat sekitar jam 08.30, lama penyebrangan sekitar 6 jam (kalau Anda ingin lebih cepat bisa menggunakan kapal Express dengan jarak tempuh sekitar 2.5 - 3 jam, dengan biaya sedikit mahal). Sekitar jam 15.30 kapal bersandar di dermaga Karimun Jawa.
Selamat datang di Karimun Jawa

Biaya akomodasi, tiket, penginapan atau hotel di Karimun Jawa

Untuk berwisata ke Karimun Jawa kali ini saya memakai paket tour travel, karena kalau dihitung-hitung biaya bisa lebih irit, karena paket tour ini mengakomodasi perjalanan dari pelabuhan Jepara ke Karimun Jawa sampai balik lagi ke pelabuhan Jepara (sudah termasuk biaya kapal penyebrangan, penginapan, makan, tiket wisata, kapal yang akan mengantar dari pulau ke pulau dan guide), jadi kita tinggal mengeluarkan biaya dari tempat kita berangkat sampai ke pelabuhan Jepara. Paket tour travel tersebut salah satunya akan mengunjungi pulau Gleyang.
Perahu yang mengantar kita menyebrang ke Pulau Gleyang - Karimun Jawa

Penginapan yang sudah menjadi satu paket dari travel ini, tempat penginapannya di rumah-rumah warga yang sengaja disewakan untuk para wisatawan yang berkunjung ke Karimun Jawa, jika Anda kurang cocok dengan penginapannya, Anda bisa upgrade ke kamar hotel dengan biaya tambahan yang harus dibayar ke pihak travel atau bisa memesan hotel sendiri.

Cerita pengalaman berwisata di Pulau Gleyang - Karimun Jawa

Untuk ke pulau Gleyang ini, peserta tour berkumpul di dermaga Karimun Jawa, kemudian menyebrang menggunakan perahu ke pulau Gleyang, sepanjang perjalanan diatas perahu, pemandangan kiri kanan begitu mempesona, lautan jernih nan biru serta kepulauan Karimun Jawa yang terlihat hijau dengan dikelilingi lautnya merupakan pemandangan yang memanjakan mata. Setelah beberapa menit berperahu akhirnya tiba juga di pulau Gleyang, pulau berpasir putih bersih dengan lautan jernih, dangkal dan berombak sangat kecil, sehingga kita bisa bebas bermain di tepian pantai untuk berenang atau sekedar berjalan-jalan di tepian pantainya.
Aku beserta pasir putih dan birunya air laut di Pulau Gleyang - Karimun Jawa

Tanpa membuang banyak waktu, peserta tour termasuk saya segera turun dari perahu dan menikmati langkah kaki yang berjalan di lembutnya pasir putih di pulau ini. Hawa sejuk dari angin yang berhembus membawa kesejukan meskipun sinar matahari lagi bersinar ganas-ganasnya, tapi hal itu tidak menghalangi saya dan lainnya untuk berjalan ditepian pantai dan sesekali bermain air lautnya.
Air laut yang dangkal di Pulau Gleyang - Karimun Jawa

Perairan di tepian pantai di pulau Gleyang sangat dangkal, jadi kita bisa berjalan ke arah pantai dengan sedikit bergeser ke tengah dengan kondisi badan terendam air laut sebatas pinggang (jangan terlalu ke tengah ya, ingat keamanan tetap no satu). Dengan kondisi separuh badan terendam air, kita bisa mainan air laut sepuasnya, pengalaman seru yang tidak akan terlupakan. Setelah puas menikmati pulau ini, peserta tour berkumpul di samping salah satu bangunan yang terbuat dari anyaman bambu dan jerami untuk menikmati makan siang dengan menu ikan bakar di tepi pantai.
Tempat bersantai sambil makan siang di tepi pantai pulau Gleyang - Karimun Jawa

Saya sudah meraskan keindahan Pulau Gleyang di Karimun Jawa ini, sekarang giliran Anda yang berkesempatan merasakan keindahannya. Selamat berlibur di Karimun Jawa.

Tepi pantai pulau Gleyang - Karimun Jawa

Kapal bersandar di pulau Gleyang - Karimun Jawa

bisa berteduh di bawah pohon di pulau Gleyang - Karimun Jawa

Aku dan pulau Gleyang - Karimun Jawa

Hamparan pasir putih di pulau Gleyang - Karimun Jawa

Perpaduan pasir putih, birunya langit dan air laut di pulau Gleyang - Karimun Jawa






4 Komentar Untuk "Pulau Gleyang di Karimun Jawa"

  1. Replies
    1. Bening dan bersih banget pantainya gan, thanks udah berkunjung di blog ini.

      Delete
    2. wah.. wisata ya disini >> karimunjawa,
      tempatnya oke, alamnya masih indah sekali. info paket karimunjawa juga masih terjangkau, apalagi untuk anda yang ingin menghabiskan waktu liburan setelah menikah, cukup pilih paket honeymoon karimunjawa, cocok untuk 2 orang yang sedang berbulan madu dan untuk anda yang suka petualang, ada juga paket karimunjawa murah ala backpacker, enak to... dimana lagi ada yang semurah harga paket wisata karimunjawa disini.
      informasi selengkapnya paket tour karimunjawa bisa juga cek sumbernya disini >> harga paket karimunjawa

      Delete
  2. Artikelnya bagus banget, OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah Liburan ke Karimunjawa cuma 175rb Hubungi 082 234 463 000 One Day Tour Karimunjawa 175rb dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

    ReplyDelete

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar, silahkan tinggalkan komentar Anda disini