poster

Bukit Jamur Bungah di Gresik

Kota Gresik yang terletak di sebelah utara kota Surabaya, terkenal dengan julukan kota industri, selain pabrik Semen Gresik yang sudah terkenal di seluruh Indonesia, terdapat juga Petrokimia, perusahaan pupuk nasional, bahkan perusahaan besar seperti Maspion dan Behaestex juga mendirikan perusahaannya di kota Gresik. Gresik juga menjadi salah satu tujuan wisata religi, karena di kota ini terdapat makam Sunan Maulana Malik Ibrahim yang merupakan salah satu dari 9 wali, penyebar agama Islam pertama di Jawa Timur, dan dimakamkan di kampung Gapura Gresik. Di selatan kota Gresik, tepatnya di Bukit Giri juga dapat di temui makam Sunan Giri, yang juga merupakan salah satu dari 9 wali penyebar agama Islam di pulau Jawa.
Bukit Jamur di Gresik

Selain terkenal dengan kota industri dan kota religi, kota Gresik juga menyimpan beberapa potensi wisata seperti pantai Delegan dan pulau Bawean, dan yang lagi banyak dibicarakan banyak orang saat ini tentang kota Gresik yaitu Bukit Jamur, sebuah tempat yang bisa jadi referensi untuk dikunjungi jika kalian berkunjung atau berada di kota Gresik.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat menarik di kota Gresik, yaitu Bukit Jamur di Bungah - Gresik
Bukit Jamur di Bungah - Gresik

Bukit Jamur merupakan fenomena alam yang biasa disebut Mushroom Rock, yaitu fenomena dimana batu terkikis oleh angin yang akan membawa dan membuang material-material kecil dari batu tersebut, karena bagian atas batu lebih kuat dan padat dibandingkan bagian bawahnya, maka bagian bawah batu lebih cepat terkikis sehingga membentuk sebuah batu yang mirip dengan jamur. Mushroom biasanya terjadi di daerah kering, seperti gurun pasir. Dan fenomena unik dan langkah ini bisa kita temui jika kita berkunjung ke Bukit Jamur di Bungah - Gresik.

Letak, akses jalan dan rute menuju Bukit Jamur Bungah Gresik

Lokasi Bukit Jamur Bungah Gresik terletak di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Untuk menuju ke bukit jamur, dari kota Gresik menuju ke barat melewati jalur pantura, setelah melewati jembatan sungai Bengawan Solo sembayat akan di jumpai pertigaan Bungah, dari pertigaan ini belok kiri mengikuti petunjuk ke Dukun, sekitar 1 km di disisi kanan jalan ada gang masuk ke area pertambangan bukit kapur dan proyek pembangunan perumahan Pondok Bungah Indah. Setelah masuk gang lurus saja sampai di ujung ada pertigaan belok kiri dan tinggal ikuti jalan, maka bukit jamur sudah kelihatan di sisi kanan jalan.
Jalan ke lokasi Bukit Jamur, dari arah Surabaya pas di depan gedung ini belok kiri

Jalur lain untuk menuju Bukit Jamur Bungah, dari pertigaan Bungah bisa lurus mengikuti petunjuk ke Tuban. Sekitar 700 meteran, diseberang jalan atau di kanan jalan ada Gedung Serba Guna Tiga Putra Sport Center, di sisi kiri jalan ada jalan masuk ke proyek penambangan, masuk saja dan ikuti jalan lurus terus sampai terlihat bukit jamur di sisi kanan jalan.

Keunikan dan keistimewaan Bukit Jamur Bungah Gresik

Tempat wisata Bukit Jamur Gresik ini adalah sebuah tempat bekas proyek penggalian / penambangan kapur yang sudah ditinggalkan. Sebenarnya bukit jamur ini bukan sebuah tempat wisata, karena semakin hari semakin banyak yang datang ke tempat ini, maka tempat ini sekarang di sebut tempat wisata di Gresik. Disana kita dapat melihat sebuah fenomena yang sangat langkah, yaitu sebuah kumpulan bukit batu yang berbentuk jamur yang lucu dan unik sekali. Puncak tertinggi dari bukit ini adalah sekitar 7 meter. Tempat ini sangat cocok buat kita yang ingin refreshing. Bagi para pecinta photography, bukit jamur bisa dijadikan salah satu tempat yang cocok untuk berburu atau hunting photo di kota Gresik.
Lebih nyaman menggunakan payung saat berkunjung ke Bukit Jamur Gresik
Perbandingan besarnya batu Bukit Jamur dan ukuran tubuh manusia

Bukit Jamur di Gresik ini memang terbukti unik, selain bentuknya yang mirip dengan jamur, bukit jamur ini juga dikelilingi bukit kapur dan sawah. Bukit jamur ini  belum ditetapkan pemerintah sebagai lokasi wisata. Sensasi yang diberikan bukit ini sangatlah berbeda, selain kita dapat melihat uniknya batuan berbentuk jamur, kita juga akan merasa seolah-olah berada di negeri liliput, karena ukuran kita yang kecil dan berada diantara jamur-jamur yang sangat besar dan jumlahnya sangat banyak. Diperkirakan bahwa batu jamur tersebut terbentuk karena adanya abrasi selama bertahun-tahun hingga bentuk batu-batu jamur tersebut tersebut berubah tampak seperti sekarang. Dengan bentuk batu yang unik seperti jamur tersebut, bukit jamur ini telah menyita perhatian banyak orang, terbukti dengan makin banyaknya pengunjung tiap minggunya demi melihat dan menikmati pesona dan keindahan tersembunyi bukit jamur tersebut.
Lokasi Bukit Jamur Gresik dekat daerah persawahan
Bukit Jamur bisa jadi andalan wisata di kota Gresik

Harga tiket masuk dan fasilitas di Bukit Jamur Bungah Gresik

Bukit Jamur di Gresik ini dibuka untuk umum hanya pada hari minggu saja, karena untuk hari biasa banyak pekerjaan proyek yang berjalan disekitar lokasi bukit jamur, karena dikhawatirkan pengunjung bisa mengganggu jalannya proyek disaat hari kerja, maka disaat hari kerja lokasi ini ditutup untuk umum.

Untuk masuk lokasi bukit jamur ini, pengunjung harus menyerahkan KTP di pos penjagaan (seperti yang saya alami saat berkunjung kesana), dan membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Untuk parkir kendaraan tidak perlu khawatir, karena di dekat lokasi bukit jamur sudah ada petugas yang berjaga mengatur parkir pengunjung dan area parkir juga sangat luas.
Tempat parkir sepeda motor di Bukit Jamur Gresik

Tempat parkir mobil di Bukit Jamur Gresik

Dari tempat parkir, deretan bukit jamur sudah kelihatan mengoda pengunjung untuk segera menghampirinya. Tips persiapan sebelum berkunjung ke Bukit Jamur Bungah di Gresik adalah persiapkan topi atau payung, karena lokasi bukit jamur sangat panas meskipun di kanan kirinya terdapat persawahan.
Bukit Jamur Gresik terlihat dari kejauhan

Tidak banyak yang bisa kita lakukan di lokasi Bukit Jamur Gresik ini selain berfoto ria dengan latar belakang bebatuan berbentuk jamur tersebut, selain itu juga ada larangan yang harus di patuhi pengunjung selama berada di lokasi bukit jamur, diantaranya tidak boleh memanjat bebatuan, merusak atau mencoret bebatuan, berbuat asusila dan membuang sampah sembarangan. Bisa jadi Bukit Jamur Bungah di Gresik ini bisa menjadi salah satu Obyek Wisata di Jawa Timur yang bisa menjadi kebanggaan warga Gresik.
Larangan selama berkunjung di Bukit Jamur Gresik

Saya sudah merasakan keunikan dan cuaca panas di lokasi Bukit Jamur Bungah di Gresik ini, sekarang giliran Anda yang berkesempatan merasakan keunikannya, selamat berlibur di Kota Gresik.
Aku dan Bukit Jamur Gresik dengan cuaca panasnya

Salah satu bebatuan yang menyerupai jamur di Bukit Jamur Gresik

Pengunjung terlihat begitu kecil diantara bebatuan Bukit Jamur Gresik

Bukit Jamur Gresik salah satu obyek wisata di Gresik

Jadi teringat film Smurf jika lihat foto ini

Deretan bukit jamur di Bungah - Gresik

Bukit Jamur Bungah - Gresik terlihat dari tempat parkir

8 Komentar Untuk "Bukit Jamur Bungah di Gresik"

  1. keren juga bwtuk batunya seperti jamur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren Mas, patut dikunjungi jika berada di Kota Gresik

      Delete
  2. lah iya kocak keq jamur gtu. tapi ga ada apa2 ya disitu panas doang

    nonton film horor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antisipasi untuk panasnya bisa pakai topi atau payung bro

      Delete
  3. keren banget spot nya,,, sperti buatan ya,,padahal ini terbentuk alami...

    ReplyDelete
  4. Tanggal merah tetap buka gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu .. aku juga kurang tau nih Mbak, sorry

      Delete

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar, silahkan tinggalkan komentar Anda disini