poster

Jember Fashion Carnaval - JFC

Jember Fashion Carnaval atau sering disebut JFC adalah sebuah acara karnaval busana yang setiap tahun digelar di kota Jember - Jawa Timur sejak tahun 2003. Acara ini bisa dijadikan agenda wisata di Jember. Program utama JFC adalah penyelenggaraan karnaval setahun sekali dengan tema berbeda setiap tahunnya yang diikuti lebih dari 400 peserta di jalan utama Jember dan disaksikan oleh ratusan ribu penonton di kanan dan kiri jalan. Karnaval ini telah menjadi sangat populer dan menjadi salah satu daya tarik wisata di Jember. Para peserta karnaval membuat busana yang seluruhnya dikompetisikan untuk meraih penghargaan kreasi busana terbaik.
Jember Fashion Carnaval - JFC

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama melihat acara Jember Fashion Carnaval - JFC di Jember

Awalnya karnaval ini hanya pekan mode sederhana yang diadakan di alun-alun kota Jember, akan tetapi kemudian muncul gagasan dari Dynand Fariz seorang desaigner sekaligus pendidik di bidang fashion yang bermukim di Jember untuk merubah pekan mode ini menjadi sebuah karnaval besar dan kini dikenal sebagai Jember Fashion Carnaval yang rutin diselenggarakan tiap tahun untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Pelaksanaan JFC sendiri pertama kali diselenggarakan untuk memeriahkan HUT kota Jember.

Pelaksanaan JFC setiap tahunnya berjalan sukses, sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2003 lalu. Jember Fashion Carnaval terus mendapat sorotan dari media international disetiap perhelatannya. Konon karnaval ini merupakan yang terbesar nomor empat di dunia setelah Mardi Grass di New Orleans Amerika Serikat, Rio De Jeneiro Carnaval di Brazil, dan Fastnatch Koln di Jerman ( wooowww ... keren ya). Sebagai salah satu karnaval terbesar di dunia, Jember Fashion Carnaval tentu saja tidak menyuguhkan hal yang biasa-biasa saja. Karnaval ini akan menjadikan jalan raya dalam kota Jember sebagai catwalk sepanjang 3.6 km. Catwalk tersebut termasuk yang terpanjang di dunia dimana menjadi etalase hidup dari ratusan maha karya berupa design adibusana spektakuler yang berakar pada budaya Indonesia.
Stage Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2013 dengan format yang sama hampir tiap tahunnya

Acara tahunan Jember Fashion Carnaval ini biasanya diselenggarakan selama seminggu penuh dengan acara puncak Grand Carnaval. Grand Carnaval inilah yang paling ditunggu-tunggu karena para peserta karnaval akan berjalan di jalan raya kota Jember yang disulap menjadi catwalk sepanjang hampir 3.6 km denga start alun-alun kota Jember dan finish di GOR Jember.

Bagi Anda yang dari luar kota Jember, jika ingin melihat acara ini saya sarankan untuk datang sehari sebelum acara Grand Carnaval, karena untuk antisipasi kemacetan efek dari jalan raya ditutup, dan supaya Anda dapat penginapan atau hotel juga jika Anda tidak memesan penginapan atau hotel sebelumnya, karena bisa dipastikan hotel di Jember pasti penuh selama penyelenggaraan Jember Fashion Carnaval. Jadi ada perencanaan sekalian bisa berwisata di Jember mengunjungi Pantai Tanjung Papuma dan Watu Ulu di Jember - Jawa Timur.
Pada tahun 2014 dan sebelumnya penonton bergerombol di pinggir jalan

Tahun 2015 penonton lebih rapi dengan adanya pagar besi sepanjang runway

Carnaval ini dimulai dari alun-alun kota Jember, jalan raya disekitar alun-alun akan disulap menjadi panggung dan didepannya akan dibuat catwak para peserta carnaval dengan sisi kanan dan kiri berdiri temda tempat tamu dan undangan yang membeli tiket. Tiket biasanya sudah dijual jauh hari sebelum acara Grand Carnaval, pembelian tiket atau informasi tentang detail penyelenggaraan Jember Fashion Carnaval bisa dicek lewat web resminya http://www.jemberfashioncarnaval.com/, bagi yang ingin lihat gratis tanpa membeli tiket bisa melihat di tepi-tepi jalan yang di lalui carnaval ini.
Make up sebelum tampil di Grand Carnaval Jember Fashion Carnaval - JFC

Persiapan sebelum tampil di Grand Carnaval Jember Fashion Carnaval - JFC

Grand Carnaval Jember Fashion Carnaval biasanya dimulai siang hari sekitar jam 12 atau jam 1 siang, dengan start di alun-alun Jember. Dari pagi hari jalan raya disekitar acara akan ditutup, dan masyarakat yang ingin menonton acara ini juga memadati di kanan kiri jalan raya yang dilalui para peserta Jember Fashion Carnaval. Selama melihat acara ini saya tidak berdiam di satu titik, dari pagi hari saya sudah ke alun-alun Jember, disalah satu gedung sekitar alun-alun banyak peserta carnaval yang sudah mulai berkumpul untuk berhias diri sebelum tampil, saya berkesempatan untuk foto dan mengambil foto kegiatan mereka. Setelah puas melihat persiapan para peserta di belakang panggung baru aku bergeser ke jalanan menunggu aksi para peserta carnaval berlenggak-lenggok di jalanan kota Jember, sungguh memuaskan mengambil gambar mereka, para peserta carnaval penuh ekspresi jika kamera kita arahkan ke mereka. Semoga tahun depan bisa ke jember lagi untuk melihat Jember Fashion Carnaval.


Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2015

Jember Fashion Carnaval tahun 2015 telah sukses diselenggarakan pada tanggal 26 - 30 Agustus 2015 di kota Jember dengan sangat meriah, dengan acara puncak Grand Carnaval pada tanggal 30 Agustus 2015. Jember Fashion Carnaval - JFC 2015 kali ini bertema OUTFRAME, defile parade pada acara Grand Carnaval dibagi menjadi 10 defile, diantaranya :
  • Defile Majapahit
  • Defile Pegasus
  • Defile Reog
  • Defile Lionfish
  • Defile Parrot
  • Defile Ikebana
  • Defile Fossil
  • Defile Egypt
  • Defile Melanesia
  • Defile Circle
Saya berkesempatan berkunjung kembali ke Jember untuk melihat langsung kemeriahan Jember Fashion Carnaval ke 14 di tahun 2015 ini
Poster JFC tahun 2015 berukuran raksasa di alun-alun kota Jember

Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2016

Jember Fashion Carnaval tahun 2016 telah sukses diselenggarakan pada tanggal 24 - 28 Agustus 2016 di kota Jember dengan sangat meriah, dengan acara puncak Grand Carnaval pada tanggal 28 Agustus 2016. Jember Fashion Carnaval - JFC 2016 kali ini bertema REVIVAL, defile parade pada acara Grand Carnaval dibagi menjadi 10 defile, diantaranya :
  • Defile Garuda
  • Defile Olympic
  • Defile Woods
  • Defile Barong
  • Defile Paradisae
  • Defile Technocyber
  • Defile Refugees
  • Defile Hortus
  • Defile Ocean
  • Defile Chandelier
Saya berkesempatan berkunjung kembali ke Jember untuk melihat langsung kemeriahan Jember Fashion Carnaval ke 15 di tahun 2016 ini


---------- next event ----------

Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2017

Untuk Jember Fashion Carnaval - JFC ke 16 tahun 2017 akan diselenggarakan pada tanggal 9 - 13 Agustus 2017. Untuk informasi lebih lengkap mengenai penjualan tiket, pendaftaran peserta, pendaftaran media dan fotographer Jember Fashion Carnaval - JFC 2017, dan berbagai info tentang penyelenggaraan Jember Fashion Carnaval - JFC 2017 silahkan berkunjung ke website resmi Jember Fashion Carnaval - JFC disini http://www.jemberfashioncarnaval.com/

Jember Fashion Carnaval - JFC ke 16 tahun 2017 yang akan datang akan bertema VICTORY dengan beberapa defile yang akan memeriahkan acara Grand Carnaval. Defile Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2017 adalah :
  • Defile Sriwijaya Empire
  • Defile Bali
  • Defile Borneo
  • Defile Toraja 1
  • Defile Toraja 2
  • Defile Betawi
  • Defile Lampung
  • Defile Papua
  • Defile Borobudur
Rasanya tidak sabar untuk segera berkunjung ke Jember lagi untuk menyaksikan penyelenggaraan Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2017 ini.

Setelah puas ambil foto peserta JFC, giliranku yang narsis foto

Numpang narsis di depan stage JFC tahun 2014


Inilah gambaran kehebohan dan ekspresi para peserta Jember Fashion Carnaval - JFC selama acara Grand Carnaval Jember Fashion Carnaval - JFC dari tahun ke tahun.

Defile Pegasus di Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2015

Defile Fossil di Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2015

Defile Circle di Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2015

Defile Reog di Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2015
Defile Stalagmite di Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2014

Defile Phoniex di Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2014

Defile Wild Deer di Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2014

Defile Mahabharata di Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2014
Defile Octopus di Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2013

Defile Betawi di Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2013

Defile Spider di Jember Fashion Carnaval - JFC tahun 2013





0 Komentar Untuk "Jember Fashion Carnaval - JFC"

Post a Comment

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar, silahkan tinggalkan komentar Anda disini