poster

Pantai Kuta di Lombok

Lombok merupakan tujuan wajib yang harus dikunjungi untuk berlibur bagi para pecinta wisata pantai. Pantai di pulau Lombok berciri khas garis pantainya yang panjang, berpasir putih dan masih sangat alami. Obyek Wisata di Lombok bukan hanya Pantai Senggigi atau Gili Trawangan, masih sangat banyak surga tersembunyi di pulau Lombok yang belum dikenal banyak orang, salah satunya pantai Kuta Lombok.
Pantai Kuta di Lombok

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat wisata di pulau Lombok, yaitu pantai Kuta Lombok

Kalau mendengar kalimat pantai Kuta, sebagian besar orang akan teringat dengan salah satu icon wisata di pulau Bali, yaitu Pantai Kuta Bali, yang sudah terkenal hampir diseluruh dunia dan merupakan tujuan wajib jika berlibur atau mengunjungi pulau Bali. Namun, pulau Lombok juga memiliki pantai yang juga bernama pantai Kuta, dengan kondisi yang sangat berbeda antara pantai Kuta Lombok dan pantai Kuta Bali, kalau pantai Kuta Bali sangat ramai dan padat pengunjung, sedangkan pantai Kuta Lombok tidak seramai pantai Kuta Bali karena masih sangat sepi pengunjung.
Pantai Kuta Lombok yang masih sepi pengunjung

Letak dan keunikan pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok adalah tempat wisata di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak di desa bernama Kuta, kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata menarik di Lombok, dengan ditunjang didirikannya banyak hotel-hotel baru, salah satunya hotel berbintang, Novotel Lombok.

Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini, yaitu upacara Bau Nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri bernama putri Mandalika yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena dia tidak bisa mengambil keputusan untuk memilih yang mana, maka dia terjun ke laut dan berjanji sebelumnya bahwa dia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing nyale tersebut. Upacara Bau Nyale ini biasanya diadakan setiap bulan Februari atau Maret setiap tahunnya.

Keunikan lain dari pantai Kuta Lombok adalah pasir pantainya yang berbentuk butiran-butiran sebesar merica. Keunikan tersebut jarang sekali bisa kita jumpai di pantai lainnya di luar pulau Lombok. Detail butiran pasir yang relatif besar jika dibandingkan dengan butiran pasir biasa tersebut bakal menimbulkan sensasi yang berbeda ketika kita menginjaknya.

Butiran pasir pantai Kuta Lombok yang seperti merica


Akses jalan atau rute menuju pantai Kuta Lombok

dari bandara International Lombok d Praya, kita bisa menggunakan taksi bandara atau memanfaatkan jasa travel yang sudah kita pesan sebelumnya atau memesan langsung di bandara, karena kendaraan umum tidak melalui jalur ke arah pantai Kuta Lombok. Jarak tempuh dari bandara International Lombok menuju pantai Kuta Lombok membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Jarak tempuh dari area Senggigi menuju ke pantai Kuta Lombok sekitar 2.5 jam. Kita bisa menggunakan jasa travel atau rental mobil atau motor untuk menuju ke pantai Kuta Lombok ini. Rental mobil atau motor banyak bertebaran di jalan raya Senggigi, harga sewa dari pengalaman saya sebelumnya untuk sewa motor Rp. 50.000 perhari dan Rp. 450.000 untuk mobil termasuk driver dan BBM

Mengingat transportasi di Lombok masih sangat minim, seperti bus Damri hanya melayani rute bandara International Lombok - Mataram - Senggigi PP, jadi saya sarankan untuk rental mobil atau motor untuk bisa berkeliling pulau Lombok.
Bus Damri rute bandara Lombok Praya - Senggigi PP

Akomodasi, penginapan atau hotel di sekitar pantai Kuta Lombok

Di sekitar pantai Kuta Lombok sudah banyak akomodasi, homestay atau hotel yang sudah berdiri, salah satu hotel berbintang yang ada di pantai Kuta Lombok adalah hotel Novotel Lombok. Kita bisa memesan hotel atau akomodasi tersebut melalui jasa online booking, travel atau langsung ke hotel tersebut (disarankan booking terlebih dahulu)

Sudah beberapa kali saya berkunjung ke pulau Lombok, dan 3 kali ke pantai Kuta Lombok, saya memilih hotel di sekitar area Senggigi, dengan pertimbangan ada bus Damri yang melalui rute ke arah Senggigi dari bandara, dan pertimbangan lain karena di Senggigi banyak pilihan hotel dan rental kendaraan.
Pantai Kuta di Lombok yang masih sepi pengujung

Cerita pengalaman berwisata menikmati pantai Kuta Lombok

Sudah beberapa kali saya berkunjung menikmati keindahan pantai Kuta Lombok ini, baik itu di musim panas maupun di musim hujan, ada perbedaan yang sangat mencolok, saat musim panas kondisi di pantai Kuta Lombok sangat cerah, langit berwarna biru dan berhias awan putih, air lautnya gradasi warna hijau kebiruan yang sangat bening, bukit disekitar pantai terlihat berumput coklat, panas menyengat mengiringi langkah kita saat menikmati keindahan pantai ini, jadi sangat cocok untuk berburu foto keindahan alam pantai Kuta Lombok dengan hasil yang maksimal. Sedangkan saat musim hujan, kondisi pantai tidak terlalu panas, langit tertutup awan mendung dan berawan  pekat kehitaman, air lautnya tidak sebiru saat musim panas meskipun tetap sangat jernih, bukit sekitar pantai terlihat berumput hijau, kesejukan mengiringi langkah kita saat menikmati keindahan pantai.
Pantai Kuta Lombok saat musim panas

Pantai Kuta Lombok saat musim hujan

Setelah menikmati keindahan pantai ini, kita bisa beristirahat di warung atau cafe di sekitar pantai untuk melepas lelah. Masih banyak obyek wisata di sekitar pantai Kuta Lombok yang bisa di kunjungi untuk tujuan pilihan berikutnya, yaitu Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan, Pantai Mawun dan Pantai Selong Belanak.

Saya sudah merasakan keindahan pantai Kuta Lombok ini, sekarang giliran Anda yang berkesempatan menikmati keindahannya, selamat berlibur di Lombok.
Liburan bareng ke pantai Kuta Lombok

Pemandangan pantai Kuta di Lombok

Pantai Kuta Lombok yang masih sepi pengunjung

Aku dan pantai Kuta Lombok

Karang di pantai Kuta Lombok saat air surut

Garis pantai yang panjang di pantai Kuta Lombok

Indahnya pantai Kuta di Lombok





3 Komentar Untuk "Pantai Kuta di Lombok"

  1. Mantaaap.. Tahun baru ini ke lombok sminggu.. Kbetulan homestay dah dpet 100m dari pantai kuta lombok.. Nice info gaaan

    ReplyDelete
  2. Mantaaap.. Tahun baru ini ke lombok sminggu.. Kbetulan homestay dah dpet 100m dari pantai kuta lombok.. Nice info gaaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantapnya yang mau berkunjung ke Lombok, aku juga baru dari Lombok lagi sob tgl 3 sd 7 November kemarin, seperti biasa Lombok selalu keren dan bikin kulit gelap karena lupa diri dengan terik mataharinya karena keasikan mainan di pantainya.

      Delete

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar, silahkan tinggalkan komentar Anda disini