banner

Rute Sehari Keliling Tempat Wisata di Tuban

Kekuatan sosial media (sosmed) seperti Instagram, Facebook, Twitter dengan postingan foto-foto keindahan alam Indonesia mempengaruhi banyak orang untuk segera packing dan mengangkat rangsel ataupun koper mereka untuk segera melakukan perjalanan wisata menikmati keindahan alam Indonesia tersebut. Berkat Instagram pula saya menemukan sebuah keindahan alam berupa air terjun yang bernama air terjun Nglirip di Tuban - Jawa Timur. Karena rasa ingin tahu tentang air terjun ini, akhirnya saya googling untuk mencari informasi lebih detail lagi mengenai air terjun tersebut.
Air terjun Nglirip salah satu tempat wisata di Tuban

Bagai gayung bersambut, ada salah satu teman yang tinggal di kota Lamongan menawarkan ajakan untuk mengunjungi air terjun Nglirip di kota Tuban tersebut, dia juga bercerita Tempat Wisata di Tuban bukan hanya air terjun Nglirip, ada beberapa Tempat Menarik di Kota Tuban yang bisa dikunjungi. Jarak kota Lamongan dan kota Tuban bisa ditempuh sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan membuat temanku yang satu ini sudah beberapa kali menikmati Obyek Wisata di Kota Tuban tersebut. Sedangkan jarak kota Surabaya ke kota Tuban bisa ditempuh sekitar 2 sampai 2.5 jam perjalanan.

Setelah membuat kesepakatan dengan menentukan ijin libur kerja dihari yang sama, akhirnya perjalanan sehari (one day trip) untuk menikmati obyek wisata di Tuban dimulai.

Pagi buta sekitar jam 04.00 pagi saya sudah bersiap-siap dengan membawa satu tas rangsel berisi perlengkapan yang diperlukan selama trip ke Tuban, tidak lupa kamera pasti aku bawa untuk mengabadikan keindahan yang akan saya temui di kota Tuban nanti. Dengan mengendarai sepeda motor, perjalanan saya arahkan ke terminal Purabaya atau biasa disebut terminal Bungurasih Surabaya. Sebelum jam 05.00 pagi saya sudah sampai terminal bus Bungurasih, sepeda motor saya titipkan di terminal tersebut karena perjalanan dari Surabaya ke Tuban saya tempuh dengan mengendarai bus.
Bus rute Surabaya - Tuban - Semarang di terminal Bungurasih - Surabaya

Bus dari Surabaya ke Tuban akan berangkat jam 06.20 pagi, saat itu saya menggunakan bus Jaya Utama jurusan Surabaya - Semarang / Jepara yang secara otomatis akan melewati kota Tuban dengan membayar tiket bus sebesar Rp. 50.000. Bus berangkat masih sekitar 1 jam lagi, dengan berdiam diri duduk di dalam bus, saya memperhatikan beberapa pedagang yang menawarkan barang dagangannya di dalam bus, mulai penjual koran, minuman, kue, camilan kacang-kacangan sampai nasi bungkus. Saya sempat membeli nasi bungkus yang ditawarkan dengan harga Rp. 7.000 perbungkus, satu bungkus nasi kuning saya nikmati untuk sarapan pagi di dalam bus saat itu.

Tepat pukul 06.20 pagi, bus Jaya Utama yang saya tumpangi berangkat menuju kota Tuban dari Surabaya. Perjalanan Surabaya - Tuban bisa ditempuh sekitar 2.5 jam perjalanan. Di tengah perjalanan saya memberi kabar kepada teman saya yang berada di Lamongan supaya bisa tepat waktu untuk berkumpul di tempat yang sudah disepakati, yaitu di GOR kota Tuban. Jadi saya berangkat dari Surabaya ke Tuban menggunakan bus, sedangkan teman trip saya saat itu berangkat dari kota Lamongan ke kota Tuban dengan menggunakan sepeda motor.

Sekitar pukul 09.00 pagi, bus yang saya tumpangi sampai di bundaran patung sekitar GOR kota Tuban, dan teman saya ternyata sudah sampai duluan di lokasi tersebut. Tanpa banyak basa-basi , explore kota Tuban dalam sehari segera dimulai, dari bus berpindah ke sepeda motor. Tujuan pertama keliling Tuban dalam sehari ini ke air terjun Nglirip, air terjun yang membuat saya ingin segera berkunjung ke kota Tuban - Jawa Timur. Dari tempat berhenti di GOR kota Tuban ke air terjun Nglirip memerlukan waktu sekitar 45 menit perjalanan, terus terang saya masih bingung menjelaskan rute arah menuju ke air terjun Nglirip ini, petunjuk arah ke air terjun ini juga sama sekali tidak ditemui dipersimpangan jalan, saran untuk Anda yang ingin berkunjung ke air terjun ini bisa bertanya ke warga yang bisa kita temui di jalan. Setelah menempuh perjalanan tidak sampai 1 jam, akhirnya saya sampai juga di air terjun Nglirip sekitar jam 10 pagi.
Air terjun Nglirip di Tuban

Tujuan pertama : Air Terjun Nglirip

Air terjun Nglirip berlokasi di desa Mulyoagung, kecamatan Singgahan, kabupaten Tuban - Jawa Timur, atau sekitar 30 km dari pusat kota Tuban. Air terjun ini dapat mudah kita temui karena lokasinya sangat dekat dengan jalan raya, dari tempat parkir sepeda motor kita hanya berjalan kaki sekitar 100 meter untuk bisa sampai di air terjun ini. Air terjun Nglirip merupakan salah satu air terjun di propinsi Jawa Timur yang sangat layak untuk dikunjungi jika kita berada di kota Tuban. Panas terik matahari tidak menghalangi semangatku untuk menikmati air terjun yang semula hanya saya lihat keindahannya dari Instagram dan foto internet. Gerak kakiku semakin bersemangat berpindah tempat dari lokasi satu ke lokasi lainnya untuk mengambil gambar keindahan air terjun Nglirip dari berbagai sudut. Lihat video di Youtube Arno Channel berikut untuk detailnya.

Aku dan air terjun Nglirip di Tuban

Setelah puas menikmati air terjun ini, kami berdua istirahat sebentar diantara bebatuan besar dengan memakan nasi bungkus sambil mata memandang ke arah air terjun. Setelah cukup istirahat, perjalanan kita lanjutkan ke lokasi kedua, yaitu sumber air mata air Krawak, sebuah sungai berair sangat jernih, karena begitu jernihnya air ditempat ini sampai dasar sungai terlihat dengan jelas.

Tujuan kedua : Sumber Mata Air Krawak

Sumber mata air Krawak berlokasi tidak jauh dari air terjun Nglirip, hanya berjarak sekitar 3 km. Air sungai di tempat ini sungguh sangat jernih dengan berhias bebatuan di kanan dan kiri sungainya. Siapapun yang berkunjung ke lokasi ini pasti sangat tergoda untuk segera masuk ke sungai untuk mandi ataupun sekedar berendam, seperti yang saya rasakan waktu itu, jernihnya air membuat saya ingin segera turun ke sungai untuk mandi merasakan kesegaran airnya. Tanpa terasa hampir 2 jam kita berada di lokasi wisata sumber mata air Krawak di Tuban ini, dan tepat pukul 14.00 perjalanan harus segera dilanjutkan ke tujuan ketiga, yaitu wisata pantai pasir putih Remen
Sumber mata air Krawak di Tuban

Air jernihnya membuat siapapun ingin segera mandi di sumber mata air Krawak - Tuban

Tujuan ketiga : Pantai Pasir Putih Remen

Pantai pasir putih Remen di Tuban terletak di desa Remen, kecamatan Jenu, kabupaten Tuban- Jawa Timur. Dari lokasi air terjun Nglirip atau sumber mata air Krawak ke pantai pasir putih Remen bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan. Wisata pantai di Tuban ini sudah dikelolah oleh warga seitar pantai, jadi sudah tersedia fasilitas parkir sepeda motor dengan biaya parkir Rp. 3.000 untuk sepeda motor sekaligus sebagai pengganti biaya tiket masuk ke lokasi pantai. Banyak penjul makanan ataupun minuman ditepian pantai, saya menyempatkan makan siang di pantai ini, gado-gado ditambah segernya es kelapa muda menjadi santap siangku saat itu. Tidak berlama-lama menikmati pantai pasir putih ini, karena masih ada tujuan trip berikutnya yaitu pantai Boom Tuban.
Pantai pasir putih Remen di Tuban

Selamat datang di pantai pasir putih Remen - Tuban

Tujuan keempat : Pantai Boom - Tuban

Pantai Boom Tuban terletak di pusat kota Tuban, lebih tepatnya di kelurahan Kutorejo, kecamatan Tuban atau di sebelah utara alun-alun kota Tuban. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 4.500 untuk 2 orang pengunjung, kita bisa menikmati panorama pantai di pusat kota ini. Banyak wahana permainan anak di lokasi pantai ini. Jam sudah menunjukkan pukul 16.15, jadi tidak berlama-lama di lokasi pantai Boom ini karena harus melanjutkan lokasi berikutnya, yaitu pemandian Bektiharjo
Pintu masuk pantai Boom di Tuban

Pantai Boom di Tuban

Tujuan kelima : Pemandian Bektiharjo

Pemandian Bektiharjo terletak di desa Bektiharjo, kecamatan Semanding, Tuban - Jawa Timur, pemandian ini hanya berjarak 5 km dari pusat kota Tuban. Di lokasi pemandian terdapat beberapa kolam, yaitu kolam alami yang airnya tidak pernah terlihat keruh dan selalu jernih, kolam renang buatan untuk dewasa dan kolam renang untuk anak-anak. Setelah keliling seharian menikmati Obyek Wisata di Tuban, mandi menyegarkan diri di pemandian Bektiharjo bisa menjadi pilihan yang cocok.
Pemandian Bektiharjo di Tuban

Kolam renang di pemandian Bektiharjo di Tuban

Rasa lelah seolah sirna setelah merasakan kesegaran air di pemandian Bektiharjo ini, saatnya kembali ke kota Lamongan untuk istirahat, saat itu saya putuskan untuk menginap di rumah teman saya di Lamongan dan kembali ke Surabaya keesokan paginya. Dalam perjalanan kita menyempatkan makan malam di sekitar Wisata Bahari Lamongan - WBL

Keesokan paginya, saatnya kembali ke Surabaya. Untuk kembali ke Surabaya saat itu saya tidak menggunakan bus seperti saat berangkat dari Surabaya ke Tuban, saya berboncengan sepeda motor dengan teman saya karena kebetulan dia ada urusan pekerjaan ke Surabaya. Dalam perjalanan dari Lamongan ke Surabaya, kita menyempatkan berkunjung ke salah satu Tempat Wisata di Gresik yaitu pantai Delegan

Tujuan keenam : Pantai Delegan di Gresik

Pantai Delegan merupakan salah satu tempat wisata pantai di kota Gresik, pantai Delegan ini terletak di desa Delagan, kecamatan Panceng, Gresik - Jawa Timur. Pagi hari saat itu suasana pantai masih sangat sepi, para pekerja di sekitar pantai asih sibuk menyiapkan alat kerja mereka masing-masing, para penjual makanan sibuk membersihkan warung mereka, dan pangunjung pantai masih beberapa orang saja. Tidak bisa berlama-lama saat itu menikmati pantai ini, karena harus segera kembali ke Surabaya untuk bekerja di sore harinya.
Pantai Delegan di Gresik

Rute sehari keliling tempat wisata di kota Tuban ini sangat melelahkan sekaligus membuatku excited, karena telah berkunjung ke tempat-tempat baru yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Semoga trip story ini bisa menjadi sumber informasi bagi Anda yang merencanakan perjalanan berkunjung ke kota Tuban. happy holiday !!!

Total pengeluaran selama trip :
Total pengeluaran Rp 207.500

Permainan anak di pantai Boom - Tuban

Pantai pasir putih Remen salah satu tempat wisata di Tuban

2 Komentar Untuk "Rute Sehari Keliling Tempat Wisata di Tuban"

1. semua tempat bisa masuk bus ga kak?

2. dapatkan bonus harian berupa uang tunai di bento 4d , bisa dapat penghasilan tambahan dari rumah loh...

Silahkan tinggalkan komentar atau saran tentang artikel ini