poster

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Banyuwangi merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Disebelah utara Banyuwangi berbatasan dengan kabupaten Situbondo, sedangkan sebelah timur berbatasan dengan selat Bali, dan sebelah selatan berbatasan dengan samudera Hindia. Banyuwangi yang terkenal dengan sebutan the sun rise of Java mempunyai banyak potensi wisata yang bisa membuat Banyuwangi menjadi salah satu tujuan wisata di propinsi Jawa Timur. Tempat wisata di Banyuwangi diantaranya adalah Kawah Ijen yang terkenal  dengan blue fire dan kawah hijaunya, Taman Nasional Baluran seperti layaknya padang savana di Africa, Pantai Pelengkung atau G - Land yang terkenal dengan ganasnya ombak yang merupakan surga bagi peselancar - surfer yang berkelas dunia, Green Bay atau Teluk Hijau - Ijo, dan Pantai Sukamade salah satu pantai yang terkenal dengan tempat konservasi untuk habitat penyu. Dan satu lagi yang bisa menjadi icon wisata Banyuwangi adalah pantai Pulau Merah, pantai berpasir putih halus ini bisa menjadi tujuan wisata keluarga jika berkunjung ke Banyuwangi.
Red Island in Banyuwangi
Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat wisata di Banyuwangi, yaitu Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah atau Red Island adalah sensasi wisata terbaru yang dimiliki Banyuwangi, Jawa Timur. Pulau kecil yang tidak jauh dari bibir pantai itu menjadi icon wisata paling menarik perhatian dan paling banyak dikunjungi. Lokasinya yang langsung menghadap samudera Hindia membuat pantai ini memiliki banyak keunikan.
Pantai Pulau Merah atau Red Island di Banyuwangi

Letak, akses jalan atau rute menuju Pantai pulau Merah Banyuwangi

Lokasi Pantai Pulau Merah berada di dekat pemukiman penduduk di desa Sumberagung, kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Akses jalan ke pantai Pulau Merah terbilang mulus dan beraspal, sehingga menjadikannya tujuan wisata warga Banyuwangi dan penikmat wisata pantai dari berbagai daerah. Pantai Pulau Merah yang termasuk bagian dari rangkaian pantai di selatan Jawa Timur bisa ditempuh dalam waktu 2.5 jam menggunakan kendaraan roda empat atau sepeda motor dari kota Banyuwangi atau sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi. Di sepanjang perjalanan di pusat kota Banyuwangi dan hampir di setiap sudut jalan tersedia rambu-rambu penunjuk yang akan mengarahkan kita menuju kawasan wisata pantai Pulau Merah ini.
Petunjuk arah ke Pulau Merah yang terpampang di hampir persimpangan jalan di Banyuwangi

Keunikan dan keistimewaan Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Kawasan wisata ini dikelolah oleh Perum Perhutani unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi selatan. Nama Pulau Merah dikaitkan pada sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter. Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya. Bukit ini bisa diakses pada saat air sedang surut.
Bukit di tepi pantai yang menjadi icon pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah mirip Pantai Kuta di Bali, namun ombaknya lebih bergulung, karena itu memungkinkan peselancar melakukan manuver dengan teknik tubes. Ombak di Pantai Pulau Merah dipastikan bisa menjadi tujuan peselancar pemula, amatir maupun profesional karena memiliki ketinggian rata-rata dua meter. Hal ini berbeda dengan pantai Plengkung atau G - Land yang lebih banyak dinikmati peselancar profesional.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah lokasinya yang berdekatan dengan desa nelayan Pancer. Kita dapat memanfaatkan rumah warga untuk menginap, karena masih belum ada hotel disekitar lokasi wisata ini.

Bagi kalangan penggemar fotografi, sunset Pulau Merah adalah salah satu spot sunset paling bagus di Banyuwangi. Tidak banyak pedagang asongan yang ditemui disini, sehingga pantai ini tampak bersih dan asri. Pada saat liburan tempat ini akan semakin ramai dikunjungi masyarakat.

Penginapan atau Hotel di sekitar Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Lokasi pantai ini jauh dari pusat kota, sehingga belum ada hotel yang dibangun disekitar pantai ini. Namun jangan khawatir, kita kita memutuskan untuk menginap disekitar pantai Pulau Merah, kita bisa menggunakan rumah penduduk yang sengaja disewakan untuk para wisatawan yang ingin bermalam di pantai ini. Saat itu saya sempat bermalam di lokasi ini dengan menyewa kamar atau homestay di rumah penduduk seharga Rp. 150.000 permalam perkamar, kamarnya lumayan bersih dan satu rumah berisi 3 kamar daan saat itu terisi semua oleh pengunjung yang lain.

Harga tiket masuk dan fasilitas pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai ini disukai sebagai salah satu tujuan wisata keluarga yang menarik di Banyuwangi, merupakan tempat favorit untuk menikmati sunset dan angin khas pantai, berfoto, bermain pasir, berjemur dan sebagainya. Untuk dapat masuk ke lokasi pantai, kita harus membayar biaya tiket masuk pantai Pulau Merah sebesar Rp. 2.500 per orang.
Tempat parkir yang luas di pantai Pulau Merah Banyuwangi

Sebagai tempat wisata untuk umum, pihak pengelolah sudah melengkapi pantai ini dengan fasilitas pengunjung, diantaranya tempat parkir kendaraan yang sangat luas, warung atau tempat makan disekitar pantai untuk kebutuhan para pengunjung, payung pantai yang disewakan dan berjejer rapi di tepian pantai, gardu pandang untuk mengawasi semua pengunjung pantai, penginapan atau homestay.
Payung pantai yang disewakan untuk pengunjung

Cerita pengalaman berwisata menikmati Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Setelah turun dari Kawah Ijen, rencana selanjutnya ingin berkunjung ke pantai Pelengkung atau G - Land, bermodal nekat dan GPS di handphone karena tidak tahu jalan, saat itu saya dan teman satu motor memacu kendaraan menuju pantai yang dimaksud. Setelah sampai di pusat kota Banyuwangi rencana ke pantai Plengkung berubah setelah melihat petunjuk jalan yang mengarahkan ke pantai Pulau Merah yang terpampang di sudut kota, jujur saja, sebelumnya saya dan teman satu perjalanan belum tahu apa itu pantai Pulau Merah, bahkan belum pernah mendengar sebelumnya. Saya menyempatkan search di google saat itu mencari tahu tentang pantai Pulau Merah, dan hasilnya terpampang foto-foto yang membuat saya ingin segera kesana.
Selamat datang di Red Island atau pantai Pulau Merah Banyuwangi

Matahari bersinar dengan teriknya saat itu sekitar pukul 1 siang, laju motor saya arahkan mengikuti petunjuk jalan ke pantai Pulau Merah, cukup jauh perjalanan dari pusat kota Banyuwangi ke pantai Pulau Merah, yang membuat salut yaitu semua persimpangan jalan terpampang jelas petunjuk arah menuju ke pantai ini.

Setelah perjalanan hampir 2.5 jam, akhirnya sampai juga di lokasi pantai Pulau Merah, hari menjelang sore, dan saya putuskan untuk bermalam di salah satu rumah warga disekitar pantai dengan harga sewa Rp. 150.000 permalam, setelah istirahat sebentar di penginapan,waktunya explore sunset di pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pemandangan matahari terbenam atau sunset di pantai Pulau Merah sungguh indah, laut berubah menjadi kuning keemasan, kamera pun saya keluarkan untuk mengabadikan moment indah tersebut, air dan hawa dingin mulai terasa, waktunya kembali ke penginapan untuk istirahat.
Sunset atau matahari terbenam di pantai Pulau Merah Banyuwangi

Tidak terasa hari sudah berganti pagi, waktunya untuk melanjutkan menikmati keindahan pantai Pulau Merah. Sebelum explore pantai ini, saya menyempatkan untuk makan pagi di warung dekat pantai untuk mengisi tenaga, dan berlanjut menyusuri tepian pantai untuk hunting photo dan berfoto ria dengan pemandangan indah di pantai Pulau Merah ini. Setelah puas jepret foto sana-sini, akhirnya menjelang siang balik ke penginapan untuk packing ulang dan melanjutkan perjalanan ke kota Jember untuk menikmati event Jember Fashion Carnaval - JFC dan berkunjung ke Tanjung Papuma

Saya sudah merasakan keindahan pantai Pulau Merah ini, sekarang giliran Anda yang berkesempatan merasakan keindahannya, selamat berlibur di Banyuwangi.
Aku dan pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pengunjung pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Salah satu sudut pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Perahu nelayan bersandar di pantai Pulau Merah

Hamparan pasir putih halus di pantai Pulau Merah Banyuwangi

Salah satu sudut pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah salah satu obyek wisata di Banyuwangi


2 Komentar Untuk "Pantai Pulau Merah di Banyuwangi"

  1. Aman gak buat naro motor semaleman di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantainya dekat perkampungan warga, lebih baik untuk bermalam bisa sewa penginapan di rumah warga sekalian nitip motornya bro

      Delete

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar, silahkan tinggalkan komentar Anda disini