poster

Bukit Malimbu di Lombok

Berwisata mengunjungi Obyek Wisata di Lombok bagaikan paket komplit untuk menikmati keindahan alam, hampir semua tersaji di pulau Lombok, mulai keindahan di dasar laut yang bisa kita nikmati dengan ber snorkeling di Gili Trawangan, deretan pantai - pantai cantik di selatan Lombok, seperti Pantai Kuta Lombok, Tanjung Aan dan Pantai Seger, pantai Mawun dan pantai Selong Belanak, kehidupan suku asli Lombok di desa Sasak Sade, bahkan nuansa pegunungan dengan hawa sejuknya di Senaru Lombok Utara, beserta beberapa air terjun di Lombok seperti Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Benang Kelambu. Tidak hanya itu, pulau Lombok juga mempunya gunung Rinjani, salah satu gunung tertinggi di Indonesia, bahkan perbukitan dengan pemandangan langsung ke arah laut lepas juga dapat kita temui di Lombok, seperti Bukit Merese dan Bukit Malimbu.
Malimbu hills
Bukit Malimbu di Lombok

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat wisata di Pulau Lombok, yaitu Bukit Malimbu

Menikmati pantai tidak harus dengan bermain ombak yang menerjan tepi pantai dan merasakan halusnya pasir pantai di telapak kaki. Di kawasan bukit Malimbu Lombok, kita bisa menikmati indahnya pantai dengan cara yang tidak biasa, yaitu dengan memandanginya dari atas bukit. Menikmati pantai dari ketinggian justru akan semakin membuat kita kagum dengan ciptaan Tuhan dan bersyukur atas anugerah yang diberikan.

Bukit Malimbu di Lombok merupakan salah satu tempat wisata kebanggan kabupaten Lombok Barat - Nusa Tenggara Barat. Dari bukit Malimbu, kita bisa melihat gunung Agung di Bali jika kondisi cuaca cerah, dan pulau 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air) juga bisa kita lihat secara langsung dari kejauhan.
Bukit Malimbu di siang hari ... panas

Letak, akses jalan atau rute menuju Bukit Malimbu Lombok

Bukit Malimbu berlokasi tidak jauh dari pantai Senggigi Lombok, berjarak sekitar 7 km. Lokasi bukit Malimbu yang berada di tepi jalan bisa kita jumpai saat perjalanan dari Senggigi menuju Gili Trawangan, jika kita menuju Gili Trawangan melalui penyebrangan di pelabuhan Bangsal

Jika kita melalui rute perjalanan dari Bandara International Lombok Praya atau BIL menuju ke Gili Trawangan, secara otomatis kita akan melewati lokasi bukit Malimbu ini. Rute yang akan di lewati sebagai berikut, perjalanan dari Bandara International Lombok BIL ke Senggigi bisa menggunakan Bus Damri dari Bandara dengan harga tiket Rp. 30.000, perjalanan sekitar hampir 2 jam. Jika sudah sampai Senggigi, bisa mengunakan jasa rental motor atau mobil yang banyak kita temui di area wisata pantai Senggigi untuk melanjutkan perjalanan . Perjalanan dari pantai Senggigi ke bukit Malimbu bisa kita tempuh sekitar 30 menit dengan kendaraan bermotor, sangat mudah untuk menemukan lokasi bukit Malimbu, karena letaknya berada di tepi jalan, tinggal mengikuti jalan raya di tepi pantai tersebut sampai kita menemukan tikungan jalan yang terdapat banyak motor dan mobil parkir di tepi jalan, itulah Bukit Malimbu.
Lokasi Bukit Malimbu yang berada di dekat jalan raya

Keunikan dan keistimewaan Bukit Malimbu

Bukit Malimbu menyajikan pemandangan indah yang dapat dilihat dari sisi manapun, bagi Anda yang hobi photography, bisa menjadikan cuaca cerah dengan pemandangan mempesona menjadi obyek yang menarik dan bisa di abadikan. Jika dilihat dari atas bukit, kita akan melihat pasir putih yang menghampar luas tepat di depan bukit Malimbu ini. Gunung Agung yang berada di Bali juga bisa kita lihat secara langsung dari atas bukit Malimbu.
Pulau 3 Gili terlihat dari kejauhan di Bukit Malimbu

Sunset di Bukit Malimbu

Pada saat kita mengelilingi sekitar bukit ini, kita akan dihadapkan dengan beberapa spot menarik yang tampak seperti lukisan hidup. Beberapa gugusan pohon kelapa, rerumputan hijau dan beberapa orang sedang menaiki boat akan terlihat dari Bukit Malimbu. Hampir semua pengunjung yang datang akan mengabadikan kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan yang luar biasa indah. Bukit Malimbu juga sering digunakan pasangan calon pengantin untuk foto prewedding. Menjelang sore hari, lokasi bukit Malimbu semakin banyak dikunjungi wisatawan untuk menikmati moment matahari terbenam atu sunset. Bukit Malimbu merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat sunset di pulau Lombok

Harga tiket masuk dan fasilitas di Bukit Malimbu Lombok

Para wisatawan yang berkunjung ke Bukit Malimbu Lombok tidak perlu membayar tiket masuk sama sekali, dengan kata lain gratis !!!. Pengunjung hanya membayar biaya parkir kendaraan mereka saja. Fasilitas tempat parkir di lokasi ini juga sangat luas di tepi jalan, ada beberapa penjual makanan yang menyediakan minuman hangat, seafood dan jagung bakar di dekat area parkir.
View Bukit Malimbu ... tempat yang keren buat berfoto

Penginapan atau hotel di sekitar Bukit Malimbu Lombok

Daerah keramaian di sekitar Bukit Malimbu berada di daerah wisata Senggigi yang berjarak sekitar 7 km, secara otomatis juga terdapat banyak penginapan ataupun homestay di Senggigi. Jadi sangat disarankan untuk memilih penginapan di daerah ini. Hotel besar seperti hotel Sheraton Senggigi dengan rate jutaan rupiah permalam, bahkan homestay dengan rate ratusan ribu bisa kita pilih untuk akomodasi bermalam selama menikmati wisata di pulau Lombok.

Cerita pengalaman berwisata menikmati Bukit Malimbu di Lombok

Entah sudah berapa kali saya mengunjungi lokasi wisata Bukit Malimbu ini, dikarenakan lokasinya yang mudah dicapai, dan pemandangan yang luar biasa indah adalah faktor yang membuat saya tidak ada bosannya untuk datang ke tempat ini. Hanya dengan membayar biaya parkir motor Rp. 2.000, keindahan alam Lombok di Bukit Malimbu bisa saya nikmati.

Dari tempat parkir motor yang berada di tikungan tepi jalan, kita sudah bisa menikmati bentangan alam yang sangat memanjakan mata, deretan perbukitan hijau membatasi pandangan mata kita disalah satu sisi, dan disisi lainnya lautan biru membentang dengan luasnya. Dari tempat parkir, kita akan melewati beberapa warung penjual makanan yang menawarkan menu seafood, beberapa jajanan gorengan, minuman, dan yang menjadi favorit saya di warung tersebut adalah jagung bakarnya. Jagung bakar bisa kita nikmati dengan duduk santai di tepian bukit sambil menikmati pemandangan laut lepas dan deretan perbukitan hijau.
Bersantai menikmati alam di Bukit Malimbu

Hawa dingin dan hembusan angin yang akan kita rasakan jika kita datang ke tempat ini menjelang sore hari, nikmati ketenangan dengan duduk-duduk santai di rerumputan hijau yang ada di tempat ini, akan membuat pikiran kita fresh dan sejenak melupakan keruwetan pikiran. Jika kita berjalan agak ke ujung bukit, kita akan menemui deretan pohon kelapa, dan di tempat inilah moment tyerbaik menikmati sunset bisa kita dapatkan, dan tentu saja jika kondisi cuaca cerah kita bisa melihat gunung Agung di Bali dari kejauhan.
Gunung Agung di Bali terlihat dari kejauhan saat sunset di Bukit Malimbu Lombok

Saya sudah merasakan keindahan dan ketenangan Bukit Malimbu di Lombok, sekarang giliran Anda yang berkesempatan merasakan keindahannya, selamat berlibur di Lombok
Menikmati hembusan angin di Bukit Malimbu Lombok

Perpaduan warna alam di Bukit Malimbu Lombok

Action .... sunset di Bukit Malimbu Lombok

Yakin tidak mau kesini ?? buruan ke Lombok

Bukit Malimbu di Lombok

Deretan pohon kelapa dan warga lokal di Bukit Malimbu Lombok

2 Komentar Untuk "Bukit Malimbu di Lombok"

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar, silahkan tinggalkan komentar Anda disini